Program Spesialis Periodonsia

Deskripsi Singkat

Periodonsia adalah salah satu cabang Ilmu Kedokteran Gigi yang mempelajari tentang ilmu dan pengelolaan kelainan periodontal secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang bertujuan untuk mempertahankan gigi dan mengembalikan fungsi serta kesehatan jaringan periodontal. Perawatan penyakit periodontal ini tidak bisa seluruhnya ditanggulangi oleh dokter gigi umum. Hal ini terbukti dengan makin meningkatnya rujukan dari dokter gigi umum ke Departemen Periodonsia ataupun ke praktek dokter gigi spesialis periodonsia.

Sesuai dengan hasil registrasi yang dilakukan oleh Konsil Kedokteran Indonesia sampai dengan tanggal 23 November 2017, jumlah dokter gigi di Propinsi Sumatera Utara adalah 999 dokter gigi dan di Pulau Sumatera 2538 orang dokter gigi. Jumlah dokter gigi spesialis periodonsia di Pulau Sumatera hanya 2 orang (berada di Medan), sangat jauh dari memadai untuk perawatan penyakit periodontal yang memiliki prevalensi yang sangat tinggi dan tersebar diseluruh wilayah. Oleh karenanya sistem rujukan menjadi terkendala karena jarak yang jauh, sehingga perawatan penyakit periodontal yang kompleks tidak dapat dilakukan, yang akhirnya mengakibatkan hilangnya gigi penderita. Dari data ini terlihat sangat minimnya jumlah dokter gigi spesialis periodonsia yang diharapkan mampu untuk memenuhi formasi disetiap Rumah Sakit Type A, B dan C maupun pusat-pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Untuk meningkatkan pelayanan terhadap penyakit periodontal dan dalam memenuhi tuntutan masyarakat yang kian meningkat diperlukan pengadaan tenaga Dokter Gigi Spesialis yang dapat menanggulangi penyakit atau kelainan yang sifatnya kompleks. Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Periodonsia adalah Pendidikan bagi dokter gigi untuk mempelajari ilmu pengetahuan serta merawat berbagai macam penyakit periodontal. Dalam pendidikan dokter gigi spesialis periodonsia akan dipelajari mengenai perawatan periodontal nonbedah. Bedah dan estetik periodontal serta rekonstruksi periodontal dan perio implant. Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Periodonsia juga mempelajari mengenai periodontal medicine yaitu ilmu mengenai hubungan penyakit periodontal dengan penyakit sistemik.

Selengkapnya